Mengenai Saya

Foto saya
Medan, sumut, Indonesia

Jumat, 29 April 2011

Hubungan VB dengan DATABASE

Hubungan Visual Basic dan Sumber Database
Microsoft Visual Basic 6.0 merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis visual yang popular dan canggih yang ada di lingkungan Windows. Teknologi akses data yang dimiliki oleh Visual Basic 6.0 yaitu teknologi ActiveX Data Object atau yang lebih dikenal dengan nama ADO. ADO adalah teknologi terbaru dari Microsoft untuk memanipulasi informasi dari database relasional dan non relasional. ADO mampu mengintegrasikan program aplikasi database yang kita bangun dengan berbagai sumber data seperti Microsoft Access, SQL Server, ODBC, Oracle dan lain sebagainya.

Microsoft ActiveX Data Object (ADO) memungkinkan kita untuk membangun aplikasi client/server yang dapat mengakses dan memanipulasi data dari sebuah server dengan terlebih dahulu menentukan provider OLE DB-nya. Selain itu juga ADO mendukung dalam pembuatan aplikasi berbasis Web. Keuntungan utamanya adalah mudah untuk digunakan, high speed dan penggunaan memory yang kecil. Keistimewaan ADO yang lainnya yaitu Remote Data Service (RDS), dimana kita dapat memindahkan data dari sebuah server ke sebuah aplikasi client atau Web page, memanipulasi data dari client dan mengembalikannya ke server. Dengan adanya ADO, program aplikasi yang dibuat mampu berkomunikasi dengan Object Linking and Embeded Database (OLE DB) yang memungkinkan kita membaca dan mengolah data secara langsung tanpa perlu mengkonversinya terlebih dahulu. ADO merupakan sebuah Component Object Model (COM) yaitu sebuah komponen interface otomatis yang dapat digunakan dalam beberapa bahasa pemrograman di antaranya Microsoft Visual Basic 6.0, VB Script, Jscript, Visual C++ dan Visual J++. Sebagian besar versi ADO yang ada terpisah dari Microsoft Data Access Component.

Teknologi Akses Data Visual Basic Non-ADO
Pada versi sebelumnya, Visual Basic masih menggunakan teknologi Data Access Objects (DAO) untuk mengakses database. Dulu DAO sering digunakan untuk mengakses database yang dibuat menggunakan Microsoft Access 97.

Permasalahan
Kontrol Data DAO pada Visual Basic 6.0, pada dasarnya dirancang untuk mesin database Jet 3.51, yaitu Microsoft Access 97. Namun sekarang ini database Microsoft Access telah ditingkatkan dengan dikeluarkannya Microsoft Access 2000 dan XP dengan mesin Jet 4.0. Kontrol Data tersebut tidak mampu menangani hubungan koneksi dengan database mesin Jet 4.0 atau pun jenis lainnya.
Pesan kesalahan yang akan tampil jika kita menggunakan Kontrol Data dengan pengaturan pada windows property record source dengan database bermesin Jet 4.0, terlihat seperti berikut:

Unrecognized database format C:\DATA\Biblio2000.mdb”Pesan kesalahan di atas muncul karena adanya perbedaan pada mesin database yang digunakan. Microsoft Access 97 dibuat dengan menggunakan mesin database, yaitu Jet.3.51/3.6. sedangkan Microsoft Access 2000 menggunakan mesin database Jet 4.0. Kemampuan yang dimiliki DAO, yaitu control Data standart pada Visual Basic hanya untuk mengakses mesin database dengan Jet 3.51/3.6 bukan Jet 4.0.

Penyelesaian dengan ADO
Permasalahan di atas terjadi karena perbedaan pada mesin database, dan dapat ditangani jika kita menggunakan ADO, yaitu dengan menambah control tambahan Adodc (ActiveX Data Objects Data Control) sebagai interface untuk mengakses database, baik itu database yang dibuat dengan Microsoft Access, SQL Server, Oracle dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar